Senin, 26 Maret 2012

Jenis Hamster

Anda ingin membeli hamster atau memelihara hewan peliharaan hamster, tetapi Anda bingung memilih jenis hamster yang mana yang cocok dan sebaiknya Anda pelihara. mungkin sebelumnya anda akan mencari tau jenis hamster yang cocok untuk ada pelihara, karena pada setiap jenis hamster memiliki ciri dan  karakter yang berbeda-beda.

Dalam postingan kali ini saya akan membahas mengenai Jenis Hamster, jenis hamster yang pada umumnya orang pelihara dan jenis hamster yang saya tahu. Dan semoga ini bisa dijadikan bahan pertimbangan sebelum anda membeli hewan peliharaan hamster.
Di Indonesia saat ini terdapat berbagai jenis hamster diantaranya yaitu :
 
Hamster Syrian
Hamster Syrian ini di Indonesia memiliki berbagai sebutan 'aneh' sebagai hamster lokal, giant hamster dan hamster Australia. Yang Cocok memelihara hamster ini :
  1. Anak-anak kecil yang baru mulai belajar memelihara hamster.
  2. Orang yang senang dengan binatang berbulu panjang.
  3. Orang yang hanya ingin memelihara satu ekor hamster saja.
Hamster syria ini bentuknya besar banget, kayak tikus got. hehehe kalo yang suka besar – besar ya monggo di pelihara tapi kayaknya hamster jenis ini pemalas dech. kurang lincah, panjang seh bentuknya so jadi males2an. harga hamster syria sekitar 15-30 ribu tergantung jenis dan warnanya. Spesifikasi hamster syria:
-> umur normal 2-2,5 tahun
-> panjang 15-20 cm
-> lama kehamilan sekitar 20 hari
-> macam syria (short hair,long hair,rex,satin).
 
Hamster Mini Campbell
Hamster Campbell adalah hamster mini yang memiliki paling banyak variasi warna dan tipe bulu. Hamster ini termasuk dalam kelas hamster mini dengan ukuran dewasanya 9 - 12 cm. Karakter yang menonjol dari hamster ini adalah sifatnya yang lebih 'berani' dibanding hamster jenis lain.
 
Hamster campbell menurutku hamster yang murah, karena harga hamster campbell cuma 20 ribu. jenis hamster campbell merupakan yang saya pelihara dulu, menurutku sangat enak dan cocok untuk di kembangbiakkan karena sangat mudah beranak dan sekali beranak maka akan menghasilkan 2-10 bahkan lebih bayi hamster. spesifikasi hamster campbell :
-> umur normal 1-2 tahun
-> panjang kira-kira 10-15 cm umur dewasa
-> lama kehamilan kurang lebih 20 hari
-> lincah karena ukurannya kecil
-> masa sapih (pemisahan anak dari induknya) 3-4 minggu
-> macam campbell (albino,panda,black bear,argente,opal,blue).
 
 
Hamster Mini Winter White
Hamster Winter White memiliki penampilan yang mirip dengan hamster campbell, tapi ada beberapa perbedaan ciri fisik. Untuk lebih jelasnya dapat di lihat di link Jenis Jenis Hamster. Hamster winter white dewasa sedikit lebih kecil dibanding hamster campbell, yaitu berukuran 7 - 9 cm. Umumnya memiliki 3 jenis variasi warna : Normal, Sapphire, dan Pearl.
 
Karakter hamster ini tenang, banyak juga yang penakut, dan kalau yang jinak biasanya senang memanjat ke tangan manusia. Banyak yang menyukai jenis ini dibanding hamster mini yang lain karena sifat manjanya ini. Hamster ini mudah untuk dijinakkan karena sifatnya yang tak suka menggigit dan tidak agresif seperti campbell. Fisiknya hampir sama dengan campbell. Hamster ini cocok untuk pemula. harga hamster winter white berfariasi dari 15 – 75 ribu tergantung jenisnya. Spesifikasi hamster winter white :
-> umur 1-2 tahun
-> panjang 7-9 cm
-> lama kehamilan 15-20 hari
-> macam winter (normal,safir,pearl,golden).
 
Hamster Mini Roborovski
Hamster paling kecil diantara semuanya. Hamster dewasanya hanya berukuran sekitar 5 cm. Hamster ini memiliki gerakan yang paling lincah, suka berlari dan melompat. Cenderung lebih takut pada manusia dibanding yang lain. Hamster roborovski hanya memiliki 2 variasi, yaitu : normal dan white face (muka putih) dengan warna bulu kurang lebih sama yaitu punggung kekuningan dengan perut putih.
 
Karena bentuknya yang lebih kecil dari pada capbell sehingga kerjaanya ya lari – lari saja. harga hamster roborovski sekitar 45-75 ribu, tergantung dimana posisinya. hehehe. hamster ini sangat cocok jika mau di buat bisnis, karena harga mahal dan bentuk hamster yang banyak dicari orang, lucu banget sampai – sampai aku saja pengen pelihara ini hamster. Spesifikasi hamster roborovski :
-> umur normal 3-4 tahun
-> panjang hamster 4-5 cm
-> lama kehamilan 23-30 hari
-> jumlah anak rata – rata 6 ekor
-> masa sapih 30 hari
-> macam roborovski (normal,white face).
 
Hamster Panda
Untuk hamster panda ini bentuknya sedikit panjang dan kecil bagu juga persis panda. tidak suka menggigit kayaknya karena temanku melihara ini nggak pernah ke gigit. untuk harga hamster panda untuk sepasang sekitar 70 ribu. Spesifikasi hamster panda:
-> umur 1-3 tahun
-> panjang 10-15 cm
-> lama kehamilan sekitar 20 hari.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar